Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
make-money-88x31
Diberdayakan oleh Blogger.

Pasang gratis

Home » Prisip dasar Vital dalam memulai dan menjalankan bisnis

Prisip dasar Vital dalam memulai dan menjalankan bisnis

Ada banyak aspek yang perlu kita perhatikan dan persiapkan untuk menjalankan sebuah bisnis. Ada 5 prinsip dasar yang harus kita perhatikan dalam menjalankan sebuah usaha agar dapat berjalan secara maksimal. Seorang pakar bisnis mengatakan, berikut ini adalah hal mendasar tersebut:


1. Datanglah 15 menit lebih awal

Datang tepat pada waktu yang ditentukan sama saja dengan terlambat. Sedangkan waktu istirahat sebelum kegiatan meeting dimulai adalah waktu yang sangat tepat untuk mendapatkan kenalan baru untuk bisnis. Ketika Anda mengikuti rapat, Anda sudah memiliki beberapa orang jaringan yang duduk bersama Anda.

2. Berteman dengan orang yang bisa membantu kita

Jadikan kenalan bisnis Anda sebagai teman. Kita sering menemukan orang-orang pengambil keputusan yang membuat kita kesulitan. Diantaranya adalah petugas resepsionis, sekretaris, security, atau bahkan manejer lain. Jangan menunjukkan sikap tidak menghormati mereka sebab tugas merekalah yang menyaring siapa tamu yang akan bertemu dengan atasan mereka.

Pastikan Anda memiliki beberapa kontak yang bisa membuka jalan untuk bertemu dengan orang yang bertuga mengambil keputusan. Jika memang mungkin, Anda bisa menjadikannya sebagai teman. Jika mereka sudah menjadi teman Anda, mungkin saja mereka justru akan menolong Anda untuk bertemu dengan orang-orang penting yang Anda butuhkan dan memudahkan deal bisnis Anda.

 3. Pastikan memiliki kontrak sebelum mulai bekerja

Perlu kita perhatikan bahwa surat kontrak bisnis adalah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis. Pemiliki usaha kecil mungkin akan sangat bersemangat ketika bertemu calon klien yang mengatakan akan menggunakan layanan mereka. Dan tanpa memiliki surat kontrak, pemiliki usaha kecil tersebut melakukan pekerjaan. Tentu saja ini sangat merugikan karena mereka tidak memiliki acuan dalam melakukan pekerjaannya.

4. Mencari orang cadangan

Orang-orang terbaik yang ada di dalam perusahaan kita tentu dapat meninggalkan kita sewaktu-waktu dengan berbagai alasan. Alasan mereka mungkin karena ingin menjalankan bisnis sendiri atau mendapat tawaran dari tempat lain dengan gaji yang lebih tinggi. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Anda mencari dan menyiapkan SDM yang bisa menggantikan posisi orang-orang penting tersebut sehingga kita tidak telalu kesulitan ketika orang-orang Andalan tersebut meninggalkan Anda.

5. Ketahui keuntungan dari kontrak bisnis

Kita harus mengetahui persis keuntungan yang bisa didapat dari kontrak bisnis dengan klien. Karena itu, kita harus mempelajari dan mengetahui setiap pengeluaran dan pemasukan yang terdapat di dalam kontrak.

Terkadang sebuah bisnis harus mengeluarkan dana ekstra sebelum mendapatkan pembayaran dari kontrak kerja mereka. Pastikan bahwa proses pembayaran pengeluaran dana ekstra tersebut tidak terlalu lama karena akan mengganggu cash flow perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga perlu teliti dalam menghitung detail pengeluaran untuk biaya tenaga, administrasi, hingga akomodasi untuk menjalankan usaha Anda tersebut.